Berapakah Biaya Asuransi Kecelakaan Diri?

Seperti judulnya, artikel ini bukanlah hanya soal posting an yang menggambarkan tentang apa itu asuransi kecelakaan diri. Jika Anda membaca ini, Anda mungkin sudah tahu apa itu. 

Tetapi bagi mereka yang tidak, berikut adalah beberapa fakta dan angka untuk membantu menjelaskannya:

Meski kehadiran mobil sudah mulai menjamur di Indonesia (sampai pada titik dimana hampir setiap keluarga memiliki mobil), jumlah kecelakaan yang melibatkan mobil kerap terjadi.

Setidaknya 8 dari setiap 10 mobil di jalan saat ini diproduksi pada tahun 1975 atau lebih baru; dan setidaknya setengah dari mobil modern memiliki sabuk pengaman “pasif” yang dapat diaktifkan oleh pengemudi jika terjadi kecelakaan.

Lebih dari setengah dari semua kecelakaan melibatkan kondisi yang kurang sadar sehingga mengakibatkan sepertiga kematian pada minggu itu. Hampir 50 persen dari semua yang terlibat mengalami cedera.

Satu dari setiap dua orang yang terluka oleh kecelakaan mobil meninggal dunia. Dan hal ini berarti bahwa hampir 1 dari setiap 3 orang di Indonesia akan terluka atau terbunuh dalam kecelakaan mobil di beberapa titik selama hidup mereka.

Berapa Biaya Asuransi Kecelakaan Diri?

Katakanlah Anda mengalami kecelakaan mobil, dan Anda mendapatkan tagihan sebesar ratusan juta rupiah. Anda mungkin berada dalam posisi tidak memiliki asuransi, atau mungkin Anda mampu membelinya, tetapi dengan tarif berapa Anda membayarnya?

Pada pandangan pertama, nilai tersebut tampak seperti uang yang amat banyak. Tetapi jika Anda berusia 15 tahun dan terluka dalam kecelakaan mobil dan tidak memiliki aset atas nama Anda (atau aset apa pun sama sekali), mungkin begitulah cara Anda melihatnya. Dan jika orang tua Anda sudah tua dan miskin, mungkin mereka juga akan melihat dengan cara yang sama.

Jika penetapan harga disusun dengan cara yang sama untuk semua orang, per insiden versus per orang, lalu berapa tepatnya biaya asuransi kecelakaan diri

Jika demikian, mengapa hal ini penting untuk dibahas? Apakah ada orang yang tidak membutuhkan asuransi kecelakaan diri dan harus dikeluarkan dari persamaan ini? Dan mengapa kita tidak bisa membuat semua orang membayar jumlah yang sama tanpa membuat pengecualian untuk mereka?

Biaya asuransi kecelakaan diri akhir-akhir ini mendapat sorotan yang meningkat karena dua alasan utama: 

1) perusahaan asuransi berusaha mendorong lebih banyak orang untuk membeli polis ini;

2) perusahaan asuransi mencoba untuk mengcover lebih banyak klaim dengan cara yang lebih baik.

Alasan pertama cukup masuk akal sejauh ini. Karena perusahaan asuransi ingin lebih banyak orang membeli polis sehingga mereka dapat menanggung lebih banyak klaim (dan karena ini akan meningkatkan keuntungan mereka), sehingga masuk akal bagi mereka (dan lainnya) untuk membebankan premi yang lebih tinggi bagi mereka yang tidak membutuhkannya. 

Namun alasan kedua kurang masuk akal sejauh ini: berapa banyak cakupan yang benar-benar kita butuhkan? Berapa banyak cakupan yang bisa dikatakan cukup? 

Misalnya, kita tahu dari pengalaman pribadi bahwa ketika kita terluka, kita harus menelepon telepon darurat. Tetapi dalam banyak kasus, kita bahkan tidak melakukannya cukup sering atau cukup baik untuk menghindari cedera sama sekali. Faktanya banyak orang menjalani hidup tanpa mengetahui tentang cedera olahraga fisik sampai mereka melukai diri sendiri setelah jatuh dari tangga atau semacamnya.

Ada alasan lain mengapa orang mungkin tidak menginginkan asuransi: 

1) Mereka mungkin memiliki biaya perawatan kesehatan yang rendah dibandingkan dengan negara lain (atau mungkin tidak mampu membayar perawatan kesehatan); 

2) Mereka mungkin dilarang melakukan hal-hal tertentu oleh atasan mereka karena terancam pembatasan kerja

3) Mereka mungkin menginginkan/membutuhkan fleksibilitas dalam jadwal kerja karena masalah keluarga

Bagaimana Cara Mengurangi atau Menghindari Biaya Asuransi Kecelakaan Diri?

Kecelakaan diri adalah peristiwa yang terjadi ketika Anda terlibat dalam sesuatu yang menyebabkan cedera tubuh atau cedera lain pada tubuh Anda, tetapi bukan dari kesalahan Anda. Peristiwa tersebut dapat terjadi sebagai akibat dari sesuatu yang Anda lakukan sendiri, seperti jatuh atau tertabrak kendaraan orang lain.

Sebagai konsumen, Anda memiliki beberapa pilihan. Pertama, Anda bisa membeli polis termurah yang akan membuat Anda bertahan hingga akhir zaman. 

Beli polis paling mahal yang akan membuat Anda bertahan sampai mati, tetapi pada titik ini Anda akan dikenakan biaya lebih dari nilai selama setahun hanya untuk menutupi kerugian yang timbul dari kecelakaan seperti kecelakaan mobil atau cedera pribadi. 

Atau Anda mungkin bisa tidak membeli asuransi sama sekali – karena satu-satunya sumber pendapatan Anda adalah gaji Anda (jadi, kecuali jika Anda dapat menghasilkan uang dari pekerjaan mandiri atau hobi yang dibayar dengan sangat baik, Anda mungkin tidak akan membayar apa pun sama sekali).

Masalahnya adalah kebanyakan polis tidak memberikan perlindungan yang cukup terhadap kecelakaan besar, yang berarti terlalu mahal atau tidak memberikan perlindungan yang cukup terhadap masalah kecil seperti patah tulang dan luka. 

Masalah lainnya adalah bahwa sebagian besar polis mengenakan biaya yang cukup tinggi – terlalu sering biaya ini mencapai lebih dari setengah harga pada sebagian besar polis – dan membuatnya sangat sulit untuk dibatalkan sebelum masa berlakunya habis (yang terjadi setelah 6 bulan pada sebagian besar polis), yang berarti jika ada yang tidak beres dengan mobil atau rumah Anda dalam waktu 3 bulan (atau 10 tahun pada beberapa rencana) maka perusahaan asuransi Anda akan membayar jauh lebih banyak daripada jika tidak ada PAI yang terlibat.

Hal Lain yang Perlu Diketahui tentang Biaya Asuransi Kecelakaan Diri

Asuransi kecelakaan diri adalah salah satu pengeluaran terbesar bagi pengusaha di dunia. Baik Anda pemilik bisnis kecil atau mitra besar, ini bisa menjadi bagian besar dari keseluruhan perencanaan keuangan startup Anda.

Bagi banyak orang, asuransi kecelakaan diri mungkin merupakan pengeluaran terbesar dalam anggaran awal mereka. Untuk alasan ini, penting untuk menemukan informasi sebanyak mungkin tentang asuransi kecelakaan diri sebelum melakukan pendaftaran.

Berikut adalah beberapa hal terpenting yang harus Anda ketahui tentang biaya asuransi kecelakaan diri:

• Jenis pertanggungan apa yang ditawarkan oleh asuransi kecelakaan diri saya?

• Berapa kisaran harga yang ditanggung oleh asuransi kecelakaan diri saya?

• Berapa yang harus saya bayar per klaim?

• Siapa yang akan membayar kelebihan biaya tambahan atas klaim?

Bergantung pada sektor pasar dan industri Anda, Anda mungkin memiliki opsi berbeda yang tersedia untuk Anda dalam hal jenis cakupan yang ditawarkan perusahaan Anda. 

Secara umum, asuransi kecelakaan diri akan melindungi perusahaan atau individu dari cedera fisik yang disebabkan oleh kelalaian mereka sendiri atau kesalahan yang disengaja. Kebijakan ini juga melindungi pengguna dari kelalaian atau kesalahan yang disengaja oleh orang lain ketika mereka melakukan bisnis dengan perusahaan Anda (misalnya, saat menyediakan peralatan).

Leave Comment

Your email address will not be published.