Bagaimana Cara Kerja Hospital Cash Plan

Asuransi hospital cash plan adalah bentuk asuransi yang menawarkan pertanggungan untuk biaya pengobatan, perawatan rumah sakit, biaya dokter, dan hal-hal lain yang berkaitan dengan perawatan pasien.

Asuransi ini adalah jenis asuransi kesehatan yang menawarkan cakupan terbatas untuk biaya rumah sakit pasien saja. Bentuk yang paling umum dari asuransi cash plan rumah sakit adalah:

1. Asuransi Rencana Kas Rumah Sakit (HCP)

2. Asuransi Hospital Benefit Plan (HBP)

3. Asuransi Employee Benefit Plan (HEBP) 

4. Akses ke Asuransi Program Insentif Perawatan Kesehatan (AHIP)

5. Asuransi Rekening Tabungan Kesehatan (HSA)

Bagaimana Cara Kerja Asuransi Hospital Cash Plan

Cara termudah untuk memahami asuransi hospital cash plan adalah dengan memahami cash plan rumah sakit itu sendiri. Tanpa itu, Anda tidak akan tahu bagaimana asuransi bekerja sama sekali. 

Asuransi hospital cash plan adalah manfaat yang memungkinkan pasien yang menginap di rumah sakit untuk menerima manfaat asuransi kesehatan tanpa harus membayar premi.

Ketika Anda menerima manfaat dari hospital cash plan, Anda akan ditugaskan ke perusahaan asuransi kesehatan (HIC) dan akan diminta untuk membayar biaya tahunan untuk layanan ini. 

Namun, Anda tidak perlu membayar untuk layanan ini kecuali jika Anda memilih untuk tidak melakukannya. Anda bisa membayar layanan yang terkait dengan HIC Anda dengan membayar dengan uang Anda sendiri.

Apa Saja Manfaat Dari Asuransi Hospital Cash Plan

Kami yakin bahwa Anda tentu pernah melihat iklan asuransi hospital cash plan. Kedengarannya sangat mengintimidasi, pada awalnya. Memang begitu, tetapi pada dasarnya, asuransi ini memiliki manfaat dalam bentuk biaya dan premi, yang bisa dibayar bulanan atau tahunan untuk membantu menutupi semua pengeluaran Anda.

Asuransi hospital cash plan adalah jenis asuransi yang membantu membayar biaya pengobatan yang merupakan pengeluaran sendiri. Uang tersebut dibayarkan langsung ke dokter, rumah sakit, dan penyedia medis lainnya tanpa jumlah yang bisa dikurangkan dari pajak pada polis. 

Ketika seseorang membeli jenis asuransi ini, mereka bisa memilih untuk membayar biaya tetap atau memiliki persentase pendapatan yang dibayarkan langsung ke dokter mereka. Ini berarti bahwa jika ada penyakit besar seperti kanker atau serangan jantung, jenis asuransi hospital cash plan ini tidak akan menanggung sendiri biaya-biaya tersebut. 

Sebaliknya mereka akan membayar tagihan dokter mereka secara langsung sehingga mereka tidak perlu khawatir membayar pajak ketika uang itu keluar dari gaji mereka.

Jika Anda tertarik untuk memanfaatkan jenis asuransi hospital cash plan ini, penting bagi Anda untuk memahami cara kerjanya sebelum memulai proses aplikasi Anda dan kemudian luangkan waktu untuk membaca artikel sehingga Anda memahami apa saja pilihan yang tersedia.

Apa Saja Kelemahan Asuransi Hospital Cash Plan

Tagihan medis adalah salah satu pengeluaran paling mahal bagi banyak orang. Biaya-biaya ini bisa menjadi proses yang memakan waktu dan sangat menyakitkan untuk dihadapi. Beberapa orang bahkan tidak bisa membayar tagihan medis mereka secara penuh, dan inilah mengapa mereka sering beralih ke asuransi hospital cash plan.

Manfaat utama dari asuransi hospital cash plan adalah membantu orang-orang yang tidak bisa membayar tagihan medis mereka secara penuh. Orang-orang ini tidak punya pilihan selain mengandalkan bantuan rumah sakit ketika mereka membutuhkan pelayanan perawatan kesehatan.

Kerugian dari asuransi hospital cash plan adalah bukan merupakan polis pertanggungan komprehensif yang memberikan pertanggungan menyeluruh untuk semua biaya pengobatan yang dikeluarkan selama sakit. 

Ini hanyalah sebuah opsi yang menyediakan pertanggungan untuk biaya yang berkaitan dengan penyakit tertentu, seperti kanker atau cedera yang disebabkan oleh kecelakaan, yang tidak ditanggung oleh rencana asuransi kesehatan lain yang dijual oleh perusahaan yang sama. 

Asuransi ini juga tidak mempertimbangkan kondisi yang sudah ada sebelumnya atau keadaan darurat medis yang mungkin terjadi selama sakit atau setelah pulih dari kecelakaan, seperti serangan jantung atau stroke.

Berapa Biaya Asuransi Hospital Cash Plan

Asuransi hospital cash plan bukanlah sebuah produk asuransi yang rumit. Bahkan, asuransi hospital cash plan juga tidak terlalu mahal.

Sekarang, Anda tinggal menghitung berapa biaya yang dibutuhkan.

Kami tahu Anda pernah mendengar ini sebelumnya, tetapi untuk membantu Anda lebih memahami cara kerja asuransi hospital cash plan, izinkan kami menjelaskan poin berikut.

Kebijakan hospital cash plan (HCP) umumnya bisa menelan biaya mulai dari jutaan hingga puluhan juta rupiah per bulan tergantung pada kebutuhan kesehatan dan pertanggungan Anda. 

Polis itu sendiri tidak mencakup biaya pengobatan tak terduga atau biaya lain yang mungkin Anda keluarkan; melainkan hanya mencakup biaya rawat inap jika Anda pergi ke rumah sakit dan menjalani prosedur atau dirawat di fasilitas selama di rumah sakit.

Jika sesuatu terjadi pada tubuh Anda saat Anda berada di rumah sakit, maka asuransi kesehatan tidak akan menanggungnya sama sekali karena mereka hanya menawarkan rencana pertanggungan jangka pendek yang tidak mencakup biaya perawatan atau rehabilitasi jangka panjang sebaik yang mereka lakukan jika terjadi kecelakaan. 

Ini berarti bahwa jika sesuatu terjadi pada Anda selama prosedur, maka bisa saja asuransi Anda tidak akan membayarnya sama sekali karena polis mereka tidak menyertakan jenis polis ini (seperti perawatan jangka panjang).

Kabar baiknya adalah bahwa ada cara untuk mendapatkan cakupan yang lebih komprehensif adalah dengan mengajukan asuransi hospital cash plan. Anda akan ditanggung untuk semua tagihan medis atau biaya rehabilitasi (bahkan jika itu adalah operasi kecil). 

Jadi, apakah Anda mencoba mencari asuransi kesehatan yang terjangkau untuk diri sendiri atau orang lain dalam keluarga Anda? Semoga artikel ini akan membantu memandu Anda melalui segala hal mulai dari berapa biaya asuransi kesehatan dan manfaat medis apa yang disertakan di dalamnya.

Bagaimana Cara Mengajukan Asuransi Hospital Cash Plan

Kebanyakan orang berasumsi bahwa program asuransi hospital cash plan adalah cara langsung untuk menghemat uang untuk biaya perawatan kesehatan Anda. Namun, ini tidak selalu terjadi, dan beberapa rencana lebih membatasi hal-hal tertentu daripada biasanya.

Program asuransi hospital cash plan adalah salah satu jenis asuransi kesehatan yang cukup populer. Produk asuransi ini menawarkan cakupan untuk rawat inap di rumah sakit dan biaya perawatan kesehatan lainnya. 

Biasanya, asuransi ini menawarkan premi bulanan yang relatif rendah, tetapi juga bisa berarti bahwa Anda bisa berhutang lebih banyak uang dimuka untuk biaya yang tidak diasuransikan atau kurang diasuransikan.

Saat Anda mengajukan permohonan asuransi hospital cash plan, Anda setuju untuk membayar premi bulanan untuk menutupi biaya pengobatan sendiri jika terjadi pengeluaran medis yang tidak terduga selama Anda tinggal di rumah sakit atau klinik (seperti obat resep ). 

Anda tidak perlu membayar apa pun di muka jika Anda diasuransikan di rumah sakit nirlaba swasta tanpa subsidi pemerintah.

Premi didasarkan pada penghasilan Anda — yang sering kali ditentukan oleh ukuran keluarga Anda. 

Misalnya, jika Anda berpenghasilan 30 juta rupiah per tahun dan memiliki dua anak di bawah usia 5 tahun, maka premi tahunan Anda akan berkisar antara 1 hingga 2 juta rupiah, tergantung pada apakah ada anak di rumah Anda dan apakah anak-anak tersebut tinggal bersama Anda di rumah atau tidak.

Untuk mengajukan asuransi ini, silahkan pergi ke perusahaan-perusahaan penyedia jasa asuransi terpercaya di wilayah Anda. Jangan lupa untuk melakukan survei terlebih dahulu agar mengetahui dan membandingkan produk asuransi apa saja yang tersedia.

Pengajuan asuransi juga bisa dilakukan secara online dengan cara mengunjungi website mereka.

Leave Comment

Your email address will not be published.